Sirkulasi Udara pada Desain Rumah

Sebenarnya itu juga masih dalam pemikiran kami untuk memberikan ide rumah tanpa AC dengan bukaan sirkulasi udara silang yang baik.

 

Namun karena sistem fee ekonomis kami berupa ‘template’ penggunaan material kusen kayu standar perumahan biasa untuk gambar kerjanya. Pada kasus desain yang ini kami hanya bisa memberikan ‘ILUSTRASI’ penggunaan material modifikasi kusen kayu berupa 3d (tanpa gambar kerja) sebab sangat tergantung pada pelaksana/kontraktor/supplier materialnya. Namun perlu diketahui penggunaan material tembus udara seperti kawat kasa nyamuk yg berakibat masuknya debu, atau modikasi kusen ‘krepyak’ atau daun jendela buka tutup model lama.

 

Kondisi iklim lingkungan desain rumah saat ini yang tidak memungkinkan seperti kurangnya tanaman/pohon, debu jalan, kurangnya kelembaban lingkungan pada banyak kasus tidak memungkinkan diterapkannya hal ini. Sehingga pelaksanaannya kerap kembali pada penggunaan AC di tiap ruangan.

 

Penggunaan material penutup seperti atap, plafon ditambah sistem penyerap panas, serta keramik jenis granito bahkan marmer/granit juga mendukung terciptanya kondisi ruangan sejuk.

 

Secara kontemporer desain terbaru, menggunakan material ‘double layer’ seperti kaca tempered+shading kayu/stainless termasuk desain spesial/khusus (diluar fee ekonomis) yang biasanya dibuat untuk ‘kelas rumah khusus’ pula. Desain pola ruang juga dengan pemikiran bukaan berupa ruang inner-court atau hanya elemen bukaan dinding ‘double-layer’.

 

Ide yang kami sebutkan diatas setelah proses termin gambar kerja selesai (hanya ilustrasi). Sebab beberapa klien juga menginginkan pola sirkulasi udara serupa yang tidak bisa kami berikan hanya berupa gambar. Mohon penjelasan ini dimaklumi. Permintaan sederhana namun pemecahannya ‘rumit’ menyangkut lingkup pelaksanaan/kontraktor di lapangan.

 

Utk kasus pembahasan mengenai sirkulasi udara/ventilasi merupakan kondisi khusus, yang menyebabkan karakter desain pun berbeda. Karena sejak awal kami memplot desain bergaya ‘minimalis’ maka hal ini tidak termasuk dan menjadi kendala, bahkan selalu di diskusikan pada banyak karya desain rumah. Gambar kerja yang kami buat hanya bersifat umum seperti pola desain perumahan biasa.