Rumah Mungil Ideal

Seperti apakah Desain Rumah Mungil yang ideal?

 

Apakah dari luasnya ataukah dari desainnya? Rumah Mungil mungkin terdefinisi sebagai rumah di desain luasan kecil. Dengan kata kunci “mungil” bukan berarti semakin mungil adalah semakin baik. Karena mungilnya rumah yang didesain lahir karena keterbatasan dana pembangunan/pembelian dan terbatasnya lahan. Seharusnya kebutuhan akan rumah di desain bukan semakin mungil. Tetapi kebutuhannya juga semakin berkembang. Rumah semakin mungil mungkin semakin melahirkan “keterpaksaan”. Walau semungilnya rumah, yang mewadahi kebutuhan minimal saat ini haruslah di desain secara tepat. Bukan berarti rumah mungil dibuat ruangan serba ukuran mungil yang tentu sangat mengurangi kenyamanan penghuni dalam beraktifitas di dalamnya.

 

Kembali ke pertanyaan bagaimana desain rumah mungil yang ideal, tentu saja hampir tidak mungkin rumah ukuran mungil itu ideal. Karena mengingat kebutuhan akan luasan rumah tidak bisa mengambil seminimal mungkin untuk ukuran ideal. Jika yang dimaksud ideal adalah memenuhi kebutuhan saat ini, baik ukuran yang didesain, yang menyangkut dana pembangunan ataupun pembelian rumah mungil bisa saja dilakukan.

 

Seharusnya yang di desain untuk rumah mungil adalah rencana kebutuhannya baik saat ini maupun yang akan datang. Dan desain rumah mungil yang ideal adalah yang mampu memenuhi kebutuhan yang harus fleksibel tersebut.

Leave a Reply