Ruang Servis Terbengkalai pada Desain Rumah Mungil

Ruang servis pada desain rumah mungil terabaikan karena keterbatasan lahan. Hanya di desain ruang tidur. Padahal ruang servis pada desain rumah mungil termasuk aktifitas jantung rumah selain dapur.

 

Pada banyak desain rumah mungil kecil yang ditawarkan developer, area servis ini tidak disediakan bahkan tidak direncanakan karena beranggapan dapat ditambahkan oleh masing-masing penghuni kelak. Akibatnya dilakukan penambahan ruang yang sebenarnya darurat namun tidak direncanakan sebagai rumah tumbuh. Lahan sisa desain rumah mungil habis dibangun untuk area servis atau penambahan ruang tidur, tanpa memikirkan area terbuka untuk sirkulasi cahaya dan udara atau hawa. Rencana untuk penambahan ruang lain, terutama pengembangan vertikal nantinya pun sama sekali belum direncanakan dibuat desainnya. Alhasil ketika akan direnovasi terjadi perombakan besar-besar. Bagaikan analogi penyakit yang sudah kronis parah, tentu sulit diobati dalam artian memerlukan biaya yang besar. Renovasi biasanya melebihi biaya membangun baru.

 

Area service yang biasanya diplot karena keterbatasan luas desain rumah mungil, sering membuat ketidaknyamanan pengolahan ruang terutama luasan kamar pembantu, ketinggian tangga servis serta pengaturan area KM dan cuci.