Ruang Mungil – 0857 533 23022

Hubungi SYARIF 0857 533 23022 untuk Ruang Mungil.

 

 

Bagaimana caranya menentukan ruang apa yg diperlukan untuk sebuah rumah??

 

Berikut sedikit tips untuk anda. Jika dana untuk membuat rumah berlebih maka setiap kebutuhan dapat terwadahi, namun bagaimana jika dana belum cukup?? Maka pertimbangkanlah ruang-ruang yang dibutuhkan lebih dulu..

 

1. Ruang tidur

Banyak ruang berdasarkan pada jumlah penghuni, apakah sendiri-sendiri punya kamar atau gabungan.. Untuk sebuah keluarga maka suami isteri menempati ruang tidur utama. Setelah itu kamar anak, kamar orangtua atau kerabat, kamar pembantu dan kamar tamu..

 

2. KM/WC

Untuk melayani kebutuhan penghuni rumah. Minimal 1 buah. Bisa juga terletak di dalam kamar ataupun fungsi khusus misal untuk tamu atau untuk cuci/service.

 

3. Dapur

Kegiatan memasak perlu diwadahi, dengan minimal kegiatan memasak air dan memanaskan..

 

4. Ruang makan

Jika kebutuhan luasan terbatas maka dapat digabung dengan ruang dapur. Luas ruang makan tergantung banyak penghuni dan konsep apakah sering makan bersama atau tidak? Serta apakah pernah mengundang makan tamu kerabat..

 

5. Ruang keluarga

Merupakan ruang interaksi penghuni rumah. Besar ruang tergantung konsep interaksinya. Yang terbanyak adalah sarana nonton TV bersama. Untuk luasan terbatas dan jumlah penghuni yang sedikit, ruang keluarga dapat digabung dengan ruang makan dan/atau ruang tamu, karena kegiatannya bisa tidak bersamaan.

 

6. Ruang tamu

Pada beberapa rumah kecil dan kehidupan metropolitan, keberadaan tamu yang jarang sekali karena padatnya waktu kerja, ruang tamu sering ditiadakan namun digantikan langsung ke ruang keluarga.

Letak ruang tamu yang didepan sering dikonekkan melalui teras atau beranda depan.. Namun untuk konsep baru bisa saja ruang tamu terletak di belakang untuk fungsi khusus

 

Itulah beberapa ruang utama untuk ruang. Dengan mempertimbangkan keberadaannya serta fungsi kegiatan, kita dapat menentukan seberapa luasan ruangnya. Untuk trend di kota besar sekarang ini ada beberapa rumah dan apartemen dengan konsep studio, yaitu keberadaan sekat ruang seminimal mungkin, dan kompaknya meubel interior untuk mendukung kegiatan. Misal siang hari ruangan untuk keluarga, makan dan dapur, namun pada malam hari berganti untuk ruang tidur.

Leave a Reply