RAB Desain Rumah Mungil

Layanan RAB Desain Rumah Mungil dengan beberapa syarat.

 

Utk RAB bonus, secara internal desain rumah mungil harus menyandingkan dgn beberapa proyek online lain yang belum selesai minggu ini. Karena wewenang RAB sebenarnya di divisi kontraktor desain rumah mungil yang bersifat internal, jadi selama ini jalur online kami hanya bersifat bantuan.

 

Beberapa hal yg sebenarnya menjadi masalah layanan online fee ekonomis desain rumah mungil yaitu perkara detail eksplorasi desain, dalam hal ini kusen.

 

Beberapa desain diterima desain rumah mungil karena menganggap bagus mengisi vitae makanya bisa dilayani fee ekonomis.

 

Seperti detail kusen atau bukaan dinding. Ada beberapa kusen yang memang sengaja belum di notifikasi, seperti di ruang keluarga arah ke taman. Sebenarnya secara desain rumah mungil lebih bagus dibuat pintu lebar terbuka, namun mengingat di plot untuk anggaran terbatas, bisa dibuat pintu biasa (hanya sayang desainnya) dengan sistem engsel pivot atau material aluminium bahkan yang terbaru material PVC pabrikasi khusus dengan engsel geser (import). Inilah yang membuat kami tidak bisa me-notifikasi. Hal ini yang membedakan layanan desain rumah mungil ekonomis dengan profesional (beda detail) yang tidak dipahami masyarakat awam.

 

Untuk kasus ini, jika diawal sudah memesan kusen, bisa minta pendapat supplier kusen dengan melihat gambar, sesuai kemampuan, pengalaman, dan yang ada di lapangan bagaimana baiknya.

 

Atau memesan yang di gambar dulu (kami plot sederhana) dan minta pekerja “menyisakan/tidak mengerjakan” area kusen yang belum dinotifikasi. Nantinya bisa meminta supplier utk datang ke lapangan dan mengajukan ukuran (seperti untuk kusen alumunium dan PVC) . Ukuran kusen sebenarnya sangat tergantung pekerja lapangan bagaimana memahami detail ukuran dan arah beton kolomnya. Itu juga membedakan kualitas finishing bangunan. Secara awam, mungkin gambar profesional/ekonomis dilihat mirip namun beda di pemahaman detail. Kamipun dalam 2thn ini selalu memikirkan langkah pemecahannya. Karena terbentur, jika di gambar profesional (mahal) belum terpakai dilapangan hanya pekerja tukang, dan jika dibuat gambar ekonomis tidak bisa sangat detail.