Jasa Arsitek Murah Penghematan?

Banyak yang berpikir jasa arsitek murah demi penghematan. Padahal yang perlu dihemat itu biaya membangun rumah.

 

Disaat harga-harga kebutuhan pokok naik seperti bensin dan sekarang elpiji, kenapa masih ada yang menawar murah jasa arsitek? Apakah logika berpikir yang salah atau kemampuan dana yang tidak ada? Lalu memang terasa benar bahwa jasa arsitek harus hanya melayani golongan elit.

 

Ya, biaya membangun rumah kian melesat naik dan semua orang tau. Namun jasa arsitek malah dituntut memberikan jasa arsitek murah. Apakah hal ini benar dan masuk logika?

 

Sebenarnya yang harus dihemat itu adalah biaya membangun yang sekarang tidak hanya cukup ratusan juta rupiah saja. Bagaimana cara menghematnya? Salah satu yang sangat vital adalah rencana membangun dalam artian desain rumah. Dengan desain rumah terencana maka kesalahan membangun jauh ditekan. Semua rencana baik ukuran serta material dapat dikomunikasikan pada pelaksana pembangunan. Desain rumah yang baik mementingkan pemikiran sangat detail pada setiap sudut serta memaksimalkan pengghematan material dengan rencana bahan bermutu namun murah ekonomis. Dan hal itu hanya dapat dilakukan melalui desain rumah yang dibantu jasa arsitek. Tetapi kenapa banyak yang ragu akan langkah penghematan ini malah terlalu banyak yang meminta layanan jasa arsitek murah yang jelas hasilnya pun akan setara.

 

Pemikiran penghematan pada biaya jasa arsitek murah tentu bukan langkah bijak karena tidak menghasilkan karya maksimal pada keterbatasan yang ada. Dan sudah banyak dibuktikan dalam layanan jasa arsitek murah fee ekonomis.