Jangan Langsung Panggil Jasa Arsitek

Jangan sok gaya berpikir langsung memanggil jasa arsitek tanpa tau jenis layanan berikut fee jasa arsiteknya.

 

Karena kejadian banyak masyarakat yang tidak mengerti. Ingin meminta layanan profesional jasa arsitek dan langsung minta survey atau pertemuan. Ternyata malah berpikir bahwa jasa arsitek itu hanya beberapa ratus ribu rupiah saja? Wah, itu terkesan melecehkan jasa arsitek yang notabene-nya adalah insinyur bangunan serta berpengalaman proyek milyaran rupiah untuk pembangunan rumah. Yah, memang resiko melayani banyak masyarakat. Namun jika terlalu banyak pemikiran seperti itu maka jadinya menjengkelkan.

 

Jasa arsitek adalah bentuk layanan masyarakat, namun seakan harus memplotkan kelas proyek tertentu guna fee jasa arsitek yang layak. Proyek sangat kecil, apalagi yang langsung meminta survey pertemuan sangatlah tidak mencukupi biaya perjalanan dan operasional dibandingkan permintaan jasa arsitek murah. Apalagi jika jasa arsitek termasuk spesialis tentu ada segmentasi tertentu pada kelas layanan.

 

Padahal ada layanan khusus jasa arsitek murah hanya melalui email yang bisa dimanfaatkan untuk skala proyek kecil. Dan layanan ini juga banyak menghasilkan karya desain rumah. Tentu jauh berbeda hasil yang didapat menggunakan jasa arsitek.