Iklan Arsitek itu Publikasi

Iklan Arsitek itu lebih baik publikasi karya arsitek.

 

Ya, secara etika profesional saat ini iklan arsitek masih disebut melanggar etika. Tetapi yang dianjurkan adalah dalam bentuk publikasi karya arsitek, yang menjadikan karya arsitek lebih dikenal masyarakat. Iklan arsitek bentuk publikasi itu bisa berwujud tulisan, majalah, buku, tabloid, bahkan web internet.

 

Jika anda sebagai arsitek muda, tidak ada salahnya ikut membuat publikasi karya menggantikan iklan arsitek. Dari publikasi yang disajikan, akan mendapat respon apresiasi dari berbagai masyarakat. Sehingga iklan arsitek tidak lagi “urakan” dan publikasi dapat mendorong arsitek membuat karya yang terus lebih baik lagi.

 

Bolehkan arsitek itu membuat iklan arsitek? Tentu boleh namun melanggar etika profesi ketika bergerak di jalur proyek negeri. Tetapi ketika berada di jalur swasta tentu hal ini tidak bisa terkungkung lagi. Bahkan iklan arsitek semakin marak. Seharusnya bentuknya adalah publikasi karya arsitek sehingga yang terjadi adalah adu kualitas desain untuk mendapat apresiasi masyarakat atau pengguna. Bukan seperti arsitek proyek negeri yang melarang iklan arsitek tetapi melakukan negosiasi, dan maaf, sogokan pada pelaku proyek, dimana semua hal itu tanpa memikirkan kualitas desain sama sekali.

 

Hanya publikasi yang membuat hasil karya arsitek diketahui dan diapresiasi, menjadi pendidikan bagi masyarakat.

Bagi arsitek muda, hendaknya mempersiapkan diri dengan membuat materi publikasi sejak dini.

 

Jadi, buat publikasi karya, sebagai iklan arsitek.