Desain Rumah Mungil untuk ruang pembantu

Desain Rumah Mungil untuk ruang pembantu memerlukan kecermatan berbeda khusus desain rumah mungil.

 

 

Kunci dari pola penataan ruangan pada desain rumah mungil adalah pada aktifitas serta penghuninya. Seperti penentuan anggota keluarga. Pada keluarga yang menempati rumah mungil, walau gaya hidup urban di perkotaan, suami dan isteri bekerja, namun biasanya tetap memerlukan peran asisten atau pembantu rumah tangga, baik saat ini atau masa datang. Karena itu aktifitas pembantu ini juga menentukan dari peletakan ruang tidur di rumah mungil. Apakah dianggap masuk anggota keluarga atau berkegiatan terpisah sehingga memerlukan akses sirkulasi berbeda dengan tuan rumah.

 

Tidak hanya ruang tidur pembantu, area kerja yang biasanya tidak jauh dari area bersih cuci memerlukan KM/WC, serta aktifitas masak yang otomatis dekat dan mudah ke dapur. KM pembantu tidak hanya untuk mandi yang bisa saj menjadi satu dengan KM tuan rumah atau KM tamu. Lebih dari itu, biasanya aktifitas cuci jemur pakaian menyebabkan aktifitas dituntut berbeda dari KM tuan rumah. Pemikiran hal ini memerlukan kecermatan dalam desain rumah mungil.

 

Pada tahapan awal desain rumah mungil, ruang KM pembantu bisa saja menjadi satu dengan fungsi KM umum. Atau direncanakan peletakannya pada pengembangan masa datang berikutnya.