Desain Rumah Mungil Mengeliminir Ruang

Desain Rumah Mungil dapat mengeliminir ruang. Dalam artian membatasi atau alihfungsi ruang dalam desain rumah mungil.

 

Ruang utama selain kamar tidur dan kamar mandi adalah dapur, dimana disaat siang penghuni bekerja, dapur berguna aktif untuk kegiatan memasak nyonya rumah atau asistennya. Nah, banyak desain rumah mungil sekarang menempatkan dapur diarea depan atau bersebelahan dengan ruang tamu.

 

Dan ruang tamu yang sekarang pada pola hidup urban kian praktis jarang digunakan dapat hanya berfungsi sebagai tempat berkumpul menonton TV.

 

Hal-hal inilah yang seakan menjadikan ruang pada desain rumah mungil kian tereliminir alias terbatasi.

 

Bahkan disaat siang semua penghuni bekerja, praktis rumah hanya dikuasai oleh pembantu atau asisten sehingga seakan aktifitas tuan rumah tidak pada siang hari. Dan malam hari kadang terasa singkat hanya untuk makan bersama, menonton TV sebentar, lalu tidur dikamar masing-masing. Pola hidup seperti ini menjadikan desain rumah mungil kian diminati, disamping karena keterbatasan anggaran membangun rumah besar.

 

Jika anggaran tidak terbatas, melainkan hanya ukuran lahan nya saja yang terbatas, karena posisi lahan strategis bagi mobilitas kerja dan kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadikan desain rumah mungil penuh tantangan dalam bentukan pola ruang, fungsional, serta estetikanya. Dan ini menjadikan ide desain rumah mungil lebih eksploratif. Disitulah letak keahlian dan pengalaman jasa arsitek sangat dibutuhkan.