Desain Rumah Mungil Klien Menggebu-gebu

Desain Rumah Mungil yang diajukan klien berkeinginan maksimal, namun perlu batasan terhadap desain rumah mungil itu.

 

Arsitek sangat berkeinginan membuat desain rumah mungil, sebuah desain rumah mungil yang bagus, fungsional dan estetik. Begitu juga dengan klien pemilik desain rumah mungil itu. Hanya sangat sering, klien mengajukan keinginan diluar batas kemampuannya.

Hal yang paling mendasar adalah masalah dana membangun desain rumah mungil. Yang mencolok adalah keinginan klien terhadap model bentuk rumah, mengikuti tren bahkan material dan teknologi terkini, mencontoh perkembangan model bentuk rumah tawaran developer.

 

Sebenarnya bisa saja hal itu dilakukan. Namun batasan dana membangun juga tidak bisa minimal. Walau lumrah dan umum ingin murah dan bagus maksimal selalu impian tiap orang.

 

Hal dana membangun inilah yang sangat menjadi kendala, terlebih jika klien tidak terbuka mengkomunikasikannya pada arsitek desain rumah mungil di awal sebagai panduan membuat desain rumah mungil. Keinginan menggebu-gebu klien tidak terbendung.

 

Mudah saja membuat desain rumah mungil dengan apa yang dikehendaki. Tetapi jika tidak sesuai dengan konteks aplikasinya maka sama saja membuang sia-sia desain rumah mungil itu.

 

Kesimpulannya, banyak klien memiliki keinginan yang jauh lebih besar daripada kemampuannya. Jadi untuk desain rumah mungil perlu ada batasan-batasan agar kebutuhan desain rumah mungil dapat terwujud.