Desain Rumah Mungil Diminta Murah Dipandang Mudah

Desain Rumah Mungil bagi sebagian besar orang diminta layanan fee murah karena dipandang mudah membuat desain rumah mungil itu.

 

Ya, seperti itulah pengalaman desain rumah mungil selama ini. Mungkin karena kebutuhan mendesak dari calon klien sementara keterbatasan anggaran memaksa keinginan mendapat fee layanan murah dari desain rumah mungil. Memang kebutuhan akan rumah sekelas desain rumah mungil sekalipun sungguh sangat dibutuhkan. Keinginan mempunyai desain rumah mungil atau renovasi pada rumah sudah ada kerap diinginkan peran arsitek walau dengan skala proyek sangat kecil dan tidak memungkinkan. Ya, boleh saja hal seperti itu kerap dilontarkan masyarakat.

 

Tetapi anggapan bahwa desain rumah mungil itu mudah, nah harus dijelaskan lebih detail. Diantara kebutuhan mendesak dan besarnya beban keinginan sering tidak berbanding dengan besarnya kemampuan baik segi pendanaan maupun lahan yang dikembangkan menjadi desain rumah mungil. Kebutuhan banyak ruang serta luas kerap menjadi hal utama. Terutama dalam mengembangkan desain rumah mungil dari awal membangun atau merenovasi. Jika membangun dari awal, keterbatasan anggaran dana menjadikan konsep rumah tumbuh cocok bagi desain rumah mungil dengan langkah serta pembatasan prioritas ruang yang ketat. Jika merenovasi tentu diharapkan mengembangkan dengan anggaran minimal. Dan sering berbenturan bahwa kelayakan serta kenyamanan ruang yang sudah ada harus dilakukan pembongkaran besar. Dan tentu memakan biaya besar dengan kerumitan sendiri. Desain rumah mungil awalnya pun kerap sangat terpaksa dan jauh dari pola ruang ideal. Dan ide pemecahannya hanyalah perombakan besar, yang ibarat penyakit sudah kronis tidak memungkinkan untuk layak nyaman apalagi indah.

 

Membuat desain rumah mungil dari awalpun tentu tidak mudah. Karena ketatnya keterbatasan ukuran lahan membuat luasan ruang tidak semudah luasan besar demi kenyamanan standar ukuran fungsional. Arsitek harus memikirkan detail demi detail yang kompak memecahkan fungsional struktur bangunan serta kekurangan pola ukuran ruang. Dan dari pengalaman layanan desain rumah mungil hanya memberikan beberapa alternatif terbatas yang bisa dipilih dengan prioritas tertentu. Ya, hanya itu yang bisa dilakukan secara maksimal bagi klien untuk memilih dan menerima. Bukan dengan anggapan semau keinginan karena adanya keterbatasan seperti dijelaskan di awal. Mungkin klien merasakan kekurangan desain awal (untuk renovasi) dan arsitek hanya memberikan ide desain rumah mungil terbaik bagi masalah yang ada. Ibarat penyakit yang diderita hanyalah diberikan resep obat dimana kesembuhan bukanlah sebagai jaminan. Jadi, anggapan desain rumah mungil yang cocok bagi klien baru memberikan apresiasi fee bukanlah elok secara logika, apalagi harapan fee murah ibarat obat murahan yang jelas tidak bisa dijamin hasilnya. Nah, masihkah anda menganggap layanan desain rumah mungil itu bisa murah dan gampang? Buktinya kan anda tidak bisa membuat dan memecahkan sendiri dan perlu arsitek !!