Desain Rumah Mungil, Apa dan Bagaimana?

Desain Rumah Mungil itu apa dan bagaimana? Menurut pengamatan kami, tentu yang disebut desain rumah mungil adalah luasan rumah type kecil.

 

Lalu yang bagaimana? Pertanyaan itu kembali kepada guna desain rumah mungil. Apakah berfungsi, sesuai kebutuhan sekarang, apakah ideal bahkan idaman? Nah sudah mulai terjawab. Karena luasan mungil kecil tentu harus berfungsi. Untuk kebutuhan saat ini tentu harus ideal sesuai keterbatasan. Namun sulit menjawab apakah desain rumah mungil itu idaman, karena tergantung kepuasan pemilik dan pengguna rumah. Jika orientasinya adalah masa datang, maka desain rumah mungil yang ideal dan idaman adalah yang dapat dikembangkan dalam artian diperluas.

 

Dari pengalaman dan hasil desain rumah selama ini, banyak pendapat bahwa desain rumah mungil belumlah ideal. Melihat dari segi penghuni rumah dan aktifitasnya saja, luasan ideal type rumah 100m2 hanya untuk keluarga muda kecil atau lansia. Dan keluarga mapan dengan 2 anak serta adanya pembantu atau asisten dengan ruang keluarga untuk berkumpul yang nyaman, ruang makan bersama serta dapur yang cukup luas memerlukan luasan ideal sekitar 200m2. Belum lagi jika rumah berfungsi sebagai area kerja atau usaha. Serta keperluan mobilitas mengharuskan adanya garasi seminimalnya carport di halaman. Dan keperluan menerima tamu walau kegiatan ini pada pola hidup urban sudah berkurang.

 

Rumah jika diartikan tempat bermukim minimal kegiatan tidur memerlukan kamar layaknya hunian kos-kosan. Atau ada ruang umum berikut area service kamar mandi seperti disebut dengan bidakan. Yang pengembangannya pada hunian mewah sekelas apartemen dinamakan type studio. Sehingga dari sinilah pemikiran desain rumah mungil, apakah bisa jika hanya terdiri dari 2 (dua) buah fungsi ruang. Dan hal itu perlu dianalisa terhadap kebutuhan aktifitas penghuni, detail demi detail kebiasaan pola hidup, serta bahkan pengurangan dan multifungsi ruang guna mensiasati keterbatasan desain rumah mungil tersebut.

 

Pengguna atau klien desain rumah mungil perlu mengetahui keperluannya, serta menyampaikan dan memerlukan jasa arsitek yang membantu menganalisis serta memecahkan masalah dalam ide desain rumah mungil secara khusus (personal) yang tentu berbeda setiap keluarganya.

 

Rumah type kecil bukanlah hanya bentukan model desain rumah mungil, yang sering dimaknai oleh masyarakat hanya berupa tampilan fasade muka rumah. Lebih dalam adalah bagaimana fungsionalitas ruang dan pola pembentukannya sesuai masing-masing penghuni desain rumah mungil.

 

Dalam membuat desain rumah mungil mungkin hanya ada pilihan yaitu dengan luasan minimum ideal yang berakibat menjadi vertikal 2 (dua) lantai jika ukuran lahan terbatas, atau bertahap yang menjadi konsep desain rumah tumbuh.