Desain Rumah Mungil 2 Lantai Lebar 6-7 m

Membuat desain rumah mungil 2 lantai dengan lebar 6-7 m itu ada beberapa alternatif.

 

Dan banyak sekali contoh literatur untuk desain rumah mungil 2 lantai lebar 6-7 m ini, hanya hampir semua tanpa perletakan ruang pembantu yang memadai. Membuat desain rumah dimana ruang pembantu dan area servis dengan akses sirkulasi terpisah memang menyulitkan untuk tipe desain rumah mungil 2 lantai lebar 6-7 m ini. Perlu beberapa aplikasi pola ruang berbeda yang bisa dibuat.

 

Tim desain rumah mungil mencoba menawarkan beberapa alternatif untuk pemecahan diatas.

 

Dengan lebar lahan hanya 6-7 m tentu lebih baik tidak dibuat pola penempatan kamar pembantu dan area servis dibagian belakang lahan. Sebab akan sangat menyita halaman belakang. Tetapi dengan membuat penempatan area servis termasuk kamar pembantu di area depan dapat membuat area belakang lahan terbebas baik secara view pandangan maupun sirkulasi aktifitas. Sehingga untuk bagian belakang lahan ini bisa dimanfaatkan maksimal untuk ruang keluarga atau kamar tidur dengan karakter khusus pandangan dan bukaan ke arah halaman belakang. Namun perlu diingat, jenis pola ruang ini perlu pemecahan desain yang baik terutama dalam mengolah pembatasan zona servis di depan baik secara fungsi maupun estetikanya.

 

Dari beberapa penyesuaian, desain rumah mungil 2 lantai lebar 6-7 m ini jauh terasa lebih baik dalam membuat karakter ruang berbeda dan estetik. Dan sangat mendukung pola fungsional aktifitas hidup urban dewasa ini.