Bentuk Atap Desain Rumah Mungil

Bentuk atap desain rumah mungil mengacu pada bentuk atap rumah umum sebagai aplikasi iklim lingkungan.

 

Bentuk atap mengikuti layout dan bentuk bangunan. Ada 2 type yang bisa dipilih: atap miring dalam aneka bentuk seperti pelana, perisai, limasan, atau kubah, yang kedua adalah atap datar. Atap miring paling sesuai iklim tropis seperti Indonesia, karena cepat mengalirkan air hujan dan membantu melindungi bangunan dari terik matahari dan tampias hujan melalui juluran atap (overstek). Atap miring juga menciptakan ruang diantara atap dan plafon (pagu) sebagai jalur sirkulasi udara sehingga suhu di bawah plafon lebih adem. Bentuk atap miring itu juga tidak masalah diterapkan pada gaya rumah modern minimalis yang saat ini masih ngetren. Soal bagaimana bentuk akhir nanti mengikuti desain bangunannya.

 

Atap dak lebih sederhana tetapi lebih rumit penanganannya karena kemungkinan air menggenang sehingga memerlukan waterprofing yang baik.

 

Bentuk atap apapun rentan bocor saat hujan deras bila konstruksinya tidak ditangani dengan benar. Apalagi keterbatasan lahan di perkotaan membuat rumah-rumah dibuat berdempet-dempet. Rumah real estate karena mengejar tampak bagus, di pertemuan sisi rumah yang satu dengan yang lain bisa tercipta talang kantong yang menampung air dan merembes ke dalam rumah. Ini harus diantisipasi sejak awal. Karena bentuk rumah deret itu pula, area pertemuan genteng dengan tembok mudah memicu kebocoran. Biasanya orang hanya menutupnya dengan semen kemudian dilapisi cat anti bocor (waterproofing). Yang tidak dipertihitungkan, terpaan cuaca membuat area itu retak dan merembeskan air. Seharusnya sepanjang dinding ketemu atap di di-coak, atapnya dimasukkan ke situ, baru disemen dan dilapisi waterproofing.

 

Kemiringan atap juga harus diperhatikan. Secara umum kemiringan yang disarankan minimal 27-30 derajat. Atap yang landai saat hujan besar sangat rentan bocor. Air bisa masuk ke bawah bagian penutup atap. Sebaliknya atap yang curam membuat genteng mudah melorot sehingga rawan bocor juga.