Bagaimana Menentukan Ruangan pada Rumah Mungil

Menentukan desain ruang rumah mungil harus berdasarkan skala prioritas, mana ruang yang dibutuhkan mendesak, mana yang tidak. Apakah perlu ruang jumlah banyak atau ruang dengan ukuran luas.

Dari tiga hal diatas adalah awal jika kita ingin menentukan desain rumah mungil.

Ada beberapa pertimbangan semisal berdasarkan kebiasaan dan keinginan. Jika anda senang berada dalam kamar atau ruang tidur berarti kamar harusluas. Jika anda lebih sering berada di dapur berarti harus dibuat dapur dengan area nyaman. Jika anda mementingkan berkumpulnya anggota penghuni di ruang keluarga maka ruang ini jadi induk dalam desain rumah. Kebutuhan akan KM/WC pun perlu dipikirkan apakah KM dengan pemakaian jadi satu sehingga hemat, atau diperlukan KM setiap ruang tidur, dan ruang lain, seperti untuk anggota keluarga, tamu, atau KM servis/pembantu.

Tentu semua orang menginginkan kondisi ideal semua terpenuhi. Namun sekali lagi, untuk men desain rumah mungil harus ada batasan. Jika ada kendala maka harus diambil rencana pembangunan bertahap atau rumah tumbuh.

Dari kondisi awal seperti disebut diatas, sebenarnya kita sudah bisa menjelaskan, seberapa mungil kah rrumah mungil itu. Atau seberapa luas rumah dengan kondisi dianggap ideal.

Leave a Reply