Arsitek Rumah Desain Rumah Mungil

Arsitek Desain Rumah Mungil dengan beberapa tulisan mengenai desain rumah mungil.

Rumah desain rumah mungil ini merupakan rumah sederhana dengan luas bangunan 100 m2, luas lahan 136.5 m2. Rumah ini didesain sebagai eksperimen desain rumah murah yang minim perawatan. Selain itu juga akan menjadi semacam riset untuk beradaptasi terhadap iklim tropis dengan percobaan eksekusi detail semurah mungkin. Riset dan eksperimen berkonsentrasi ada pemanfaatan material semen. Seluruh dinding akan dilapis oleh acian semen ekspos. Namun agar lebih murah, semua aciannya dicampur oleh mil (serbuk kapur) dengan perbandingan 1 semen : 4 mil. Campuran semen dengan mil akan mendapatkan warna acian yang lebih muda dan tentunya menghemat banyak pemakaian semen. Dan karena campuran tersebut, karakter acian semen menjadi lebih lunak sehingga akan mengurangi retak rambut akibat muai susut bahan.

Sebagai percobaan untuk menghadapi hujan, sengaja semua jendela tidak menggunakan kanopi sama sekali. Bahkan pada tampak depan kamar tidur utama, jendela dan dindingnya dibuat agak miring menghadap ke arah langit. Ternyata sampai saat ini, tidak ada masalah tampias atau bocor yang menembus jendela. Untuk menghadapi panas matahari, maka luas bukaan didesain secukupnya saja untuk menghemat biaya. Pada area depan rumah yang menghadap Timur, ditanam pohon kamboja yang sudah cukup tinggi untuk mengurangi panas matahari langsung. Kamar tidur sengaja didesain menghadap Timur agar pada pagi hari, cahaya matahari yang masuk melalui jendela depan akan membangunkan desain rumah mungil dan istri.

 

Pada mulanya rumah ini akan dibuat dari kontainer yang ditumpuk dua, diletakkan agak di tengah lahan, yang difungsikan sebagai ruang-ruang kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Sebelah kiri kontainer merupakan area jemur, garasi dan carport, sedangkan sebelah kanan kontainer merupakan area ruang keluarga dan ruang makan, yang idenya tinggal ditutup oleh atap yang menghubungkan kontainer dengan dinding benteng batas lahan sebelah kanan. Namun karen lokasi lahan di perumahan yang kecil, maka tidak memungkinkan untuk mobilisasi kontainer ke dalam lahan. Karena itu, desain kembali ke rumah dengan struktur beton, hanya saja proporsi dan organisasi ruang dipertahankan. Massa kontainer berubah menjadi massa abu dua lantai dengan ukuran denah 2.5m x 8 m, jarak lantai 1 ke lantai 2 hanya 2.5m mendekati proporsi kontainer. Pada lantai 1 massa abu terdapat kamar tidur anak, kamar mandi, dapur, dan kamar pembantu di belakang. Sedangkan pada lantai duanya merupakan kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam. Ruang-ruang tertutup ini dibuat sangat kompak untuk menghemat biaya dan memberikan kesempatan ruang keluarga dibuat cukup luas. Massa hitam dengan ukuran 4m x 8m difungsikan sebagai ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan, dengan balkon ruang kerja di atas ruang makan. Void yang besar di atas ruang keluarga membuat ruang menjadi lebih lega dan sejuk.

Dalam perkembangan desain, massa abu dibuat miring seperti kotak yang jatuh ke belakang, mengikuti kemiringan atap fiber semennya. Dengan demikian pintu masuk yang terletak di samping massa kotak hitam akan lebih terbuka. Dinding hijau di lantai dua dilepas 50 cm (melayang di atas carport) untuk menambah lebar kamar tidur utama. Dari luar, dinding hijau ini menjadi satu-satunya dinding yang dicat. Dinding massa abu merupakan acian ekspos, sedangkan dinding massa hitam ruang keluarga dibuat dari corrugated plester yang diberi water proofing hitam semacam bitumen.

 

 

Bukaan di depan rumah relatif sedikit supaya privasi terjaga, sebagai gantinya dibuat skylight dan bukaan besar ke taman belakang. Seluruh ruangan dari pagi sampai sore hari tidak membutuhkan lampu. Di antara kedua massa abu dan hitam diletakkan tangga melayang sebagai penghubung kedua massa. Di atas tangga melayang ini dibuat skylight dari glassblock yang disusun 1 garis. Pergerakan cahaya matahari yang menembus glassblock dari pagi sampai sore hari membuat berkas cahaya yang masuk seperti lukisan cahaya matahari yang hidup.

 

 

Material yang digunakan merupakan material alam yang relatif murah. Lantai 1 menggunakan floor hardener natural sedangkan lantai 2 menggunakan susunan marmer pecah sisa pabrik. Sebagian besar dinding dalam pun dibiarkan tanpa cat, sehingga tidak membutuhkan biaya pengecatan ulang. Untuk kemudahan perawatan, kusen-kusen jendela menggunakan alumunium kotak ukuran kecil 2.5cm x 5cm. Pintu-pintu dipasang tanpa kusen, hanya menggunakan penahan siku alumunium. Tangga beton melayang dilapis kayu pinus bekas peti kemas. Seluruh lantai 1 tidak menggunakan plafon, pelat beton lantai 2 diekspos tanpa difinishing.

 

 

 

Bentuk-bentuk kotak yang tegas di seluruh rumah diperlunak dengan kehadiran kolam ikan yang dipadukan dengan taman di depan rumah. Jembatan batu padalarang diletakkan seolah-olah melayang di atas kolam ikan. Untuk menambah suasana alam, dibuat air mancur di samping jembatan batu. Pengaruh iklim, cuaca, dan pergerakan cahaya matahari dapat dirasakan di dalam rumah. Kehadiran unsur-unsur alam secukupnya dengan penataan bukaan jendela atau skylight membuat suasana rumah menjadi hidup.

 

Desain rumah mungil ini, memiliki pandangan inovatif dengan desain yang afisien dalam setiap karyanya. Menurutnya , desain adalah suatu pemecahan maslaah yang kreatif, terbangun dan terkendali. Langkah yang cermat akan menentukan hasil akhir yang lebih efisien dengan struktur yang lebih rapi. Efisien tidak selalu berarti minimalis atau sederhana melainkan sangat teratur sehingga menghasilkan suatu ekspresi yang modern namun juga bersahaja. Desain rumah mungil yang terkenal dengan program “100 rumah murah” ini, memiliki ciri khas pada desainnya yang inovatif. Dalam mendesain Desain rumah mungil lebih menitikberatkan pada pemecahan masalah, namun estetika juga diperhatikan dengan seksama. Diantaranya karya yang paling terkenal adalah Rumah Miring, yaitu rumah kediaman Keluarga Desain rumah mungil sendiri.

 

“Desain rumah mungil adalah seorang pengkhayal. Waktu kecil ia berkhayal mengenai dunia dimana tidak ada lagi batas negara. Sewaktu ia tuliskan, ia malu karena ia membuat karangan yang kekanak-kanakan. Tapi ternyata betul-betul terjadi. Sekarang semua orang bisa melihat bagian dunia lain lewat internet, bisa berhubungan dengan orang di bagian dunia lain lewat kamera web. Sekarang ia bermimpi, bukan cuman berkhayal, masyarakat Indonesia, dari yang miskin sekalipun, bisa punya rumah yang nyaman, sehat, unik, inspiratif. Desain rumah mungil mulai menjalani mimpi. Mengorbankan diri membantu desain rumah murah dengan jasa desain murah. Sejak awal Desain rumah mungil sadar, jalan ini penuh dengan resiko. Jasa desain rumah murah jelas-jelas kecil. Tidak rugi saja sudah luar biasa bagus. Tapi Desain rumah mungil percaya, bahwa rumah yang inspiratif akan mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari menjadi lebih positif. Kondisi masyarakat akan menjadi lebih positif nantinya, demikian Desain rumah mungil.

 

Apa yang menjadi mimpi bagi Desain rumah mungil, bisa menjadi terobosan bagi kehidupan orang banyak. Rumah merupakan unsur utama dalam memberikan kenyamanan hidup, terutama ketenangan bagi suatu keluarga untuk menempuh hidup yang produktif lepas dari tekanan mental. Tapi rumah adalah pos biaya yang paling besar bagi budget kebanyakan orang. Mulai dari lahan, bahan dan design. Dari ketiga ini, design sebetulnya bisa ditekan biayanya atas dasar kesanggupan seorang desain rumah mungil. Tidak semua desain rumah mungil sanggup dan mau memberian subsidi sosial atas dasar kemampuan merancang. Desain rumah mungil sanggup dan mau. Melalui buku ini, ia sediakan karya hidupnya untuk dinikmati sesuai selera dan kebutuhan setiap orang yang perlu rumah tanpa biaya besar.”

 

Desain rumah mungil ingat semasa smp ada tugas mengarang dalam pelajaran bahasa indonesia. Desain rumah mungil paling tidak suka mengarang. Jadi desain rumah mungil berkhayal saja. Karangan desain rumah mungil isinya cuman khayalan. Kalau berkhayal, desain rumah mungil masih suka lah. Desain rumah mungil berkhayal bahwa nanti, tidak akan ada lagi batas-batas negara, dunia ini hanya ada satu negara, sebutlah Bumi. Semua orang bebas datang ke bagian bumi mana saja. Semua bumi menjadi kekayaan semua orang, bukan hanya sebagian milik negara tertentu. Setelah dikumpulkan, desain rumah mungil malu sekali. Kok buat karangan yang kekanak-kanakan. Untung guru desain rumah mungil tidak meledek. Tapi ternyata betul-betul terjadi, hampir lah. Sekarang semua orang bisa melihat bagian dunia lain lewat internet, bisa berhubungan dengan orang di bagian dunia lain lewat kamera web.

 

Desain rumah mungil juga pernah berkhayal bahwa seharusnya semua orang, bukan cuman artis, bisa masuk TV. Karena banyak orang yang bukan artis, punya kualitas hidup yang teramat hebat. Itu harus di-TV-kan supaya menginspirasi orang lain. Eh muncul lah acara Reality Show . Semua orang, kapan saja, tiba-tiba bisa masuk TV menjadi bagian dari acara tersebut, dari tukang becak sampai pengusaha. Walaupun tidak cuman yang positif saja yang di-TV-kan.

 

Desain rumah mungil juga dulu mulai suka banget sama batik, jauh sebelum isu motif batik nusantara dicuri patenkan oleh negara tetangga. Mulailah desain rumah mungil jadi fashion konsultannya istri desain rumah mungil. Dengan batik-batikan, dan dia suka dan banyak teman-temannya bilang penampilan istri desain rumah mungil sekarang lebih oke, keren. Eh..tiba-tiba sekarang batik jadi primadona semua orang semua kalangan. Padahal desain rumah mungil tidak suka tren, desain rumah mungil suka tampil berbeda. Tapi apa boleh buat, desain rumah mungil, istri desain rumah mungil, ipar desain rumah mungil, mertua desain rumah mungil..masih tetep suka batik, biarpun banyak yang juga pakai. Paling tidak sekarang lebih mudah cari berbagai jenis pakaian batik.

 

Sekarang desain rumah mungil bermimpi, bukan cuman berkhayal, masyarakat Indonesia, dari yang miskin sekalipun, bisa punya rumah yang nyaman, sehat, unik, inspiratif. Sebelum itu jadi kenyataan lagi di depan desain rumah mungil, tanpa desain rumah mungil terlibat apa-apa, maka desain rumah mungil mulai menjalani mimpi. HIDUP DALAM MIMPI. Itu yang desain rumah mungil jalani sekarang. Mengorbankan diri membantu desain rumah murah dengan jasa desain murah. Sejak awal desain rumah mungil sadar, jalan ini penuh dengan resiko. Bisa saja desain rumah mungil diberi label desain rumah mungil murahan, desain rumah mungil rumah murah (doang). Padahal jasa desain rumah murah jelas-jelas kecil. Tidak rugi saja sudah luar biasa bagus.

 

Tapi desain rumah mungil percaya, bahwa rumah yang inspiratif akan mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari menjadi lebih positif. Kondisi masyarakat akan menjadi lebih positif nantinya. Jadi desain rumah mungil yakin dan berani mengambil resiko demi mimpi ini menjadi kenyataan dengan desain rumah mungil terlibat di dalamnya. Kalau ini jadi kenyataan, desain rumah mungil percaya hanya terjadi atas ijin Tuhan. Karena itu desain rumah mungil percaya, Tuhan akan selalu mencukupkan desain rumah mungil.

 

Desain rumah mungil bermimpi supaya bisa memenangkan sayembara desain desain rumah mungiltur yang cukup bergengsi, dengan skala bangunan yang cukup besar. Dan baru-baru ini Tuhan mengijinkan itu terjadi. Bangunan menara 17 lantai sebagai pusat pelayanan akademik universitas negeri makassar cukup bergengsi buat desain rumah mungil. Ini juga salah satu bukti pemeliharaan Tuhan buat desain rumah mungil. Sebagian hadiah dapat desain rumah mungil jadikan modal untuk subsidi desain rumah murah, sebagian lagi dapat desain rumah mungil pakai untuk terus belajar meningkatkan kompetensi dari talenta yang Tuhan titipkan pada desain rumah mungil, dan tentunya juga sebagai bonus yang lumayan supaya tim desain desain rumah mungil bisa menabung.

 

Saat ini desain rumah mungil juga bermimpi, lebih banyak lagi desain rumah mungil indonesia yang mau membantu desain rumah murah agar semakin banyak masyarakat kalangan menengah ke bawah dapat memiliki ruang-ruang hidup sehari-hari yang inspiratif. Desain rumah mungil percaya suatu saat itu juga akan terjadi. Desain rumah mungil sedang memikirkan untuk menularkan mimpi ini dan membentuk lebih banyak lagi desain rumah mungil yang mau ikut menjadi agen-agen perubahan di berbagai daerah. Desain rumah mungil juga percaya, masyarakat nantinya sangat mampu untuk membayar desain rumah mungil untuk mewujudkan rumah mereka, jadi mereka tidak akan berhutang budi. Saat ini sebagian masih perlu subsidi, tidak apa-apa. Kenyataannya memang begitu. Tapi mereka tetap layak untuk mendapatkan rumah impian juga toh. Memberikan subsidi sedikit tidak mengapa, tapi mereka tahu dengan membayar walaupun belum seberapa, mereka bangga karena berjuang untuk mendapatkan rumah impian. Rasa memiliki dan sukacitanya akan lebih besar.

 

Tapi desain rumah mungil juga bermimpi, bahwa masyarakat yang tidak mampu membayar pun, seharusnya dapat menikmati rumah impian. Saat ini jalan itu sedang juga dijalani. Desain rumah mungil dan teman-teman dalam sedang merumuskan jalan untuk membantu desain dengan gratis untuk rumah sederhana di bawah nilai sekitar 40 jt.

 

Desain rumah mungil masih punya mimpi lagi. Kekayaan desain rumah mungiltur dan budaya nusantara menjadi kekayaan yang dinikmati semua rakyat Indonesia. Bukan hanya mereka yang mengerti dan mendalami. Desain rumah mungil percaya, eksplorasi terus-menerus kekayaan ini, akan menghasilkan desain rumah mungiltur kelas dunia. Desain rumah mungil percaya dan bermimpi, indonesia mampu menghasilkan desain rumah mungil kelas dunia yang memberikan sumbangan besar bagi dunia desain rumah mungiltur dunia. Akan lahir desain rumah mungil indonesia yang dikenal di seluruh dunia. Setara dengan desain rumah mungil-desain rumah mungil kelas dunia lainnya. Kekayaan kenusantaraan perlu digali dan dibagikan. Menjalani hidup mimpi ini dimulai dengan proses penyusunan buku tentang desain rumah mungiltur nusantara masa kini.