Apa Kesulitan Arsitek untuk Desain Rumah Mungil?

Arsitek mungkin mengalami kesulitan pada Desain Rumah Mungil diantaranya masalah fee arsitek dan kebutuhan akan rumah itu sendiri.

 

Hal yang pertama adalah masalah fee jasa arsitek. Masyarakat yang membutuhkan akan gambar desain rumah mungil cenderung meminta fee jasa arsitek yang “mungil” (murah) pula. Sementara arsitek merasa profesional dan enggan melayani jasa untuk rumah mungil.

 

Selain hal itu, ada hal menarik berdasarkan pengalaman kami selama ini mendesain puluhan gambar rumah.

 

Sebagian besar bahkan hampir semua masyarakat yang membutuhkan gambar desain untuk rumah mungil memiliki kebutuhan yang sangat besar. Tidak dipungkiri, kebutuhan akan ruang dan luasan rumah ideal pada sebuah keluarga walau keluarga muda juga besar. Baik ruang-ruang utama maupun ruang-ruang sekunder.

 

Pada desain rumah mungil, tentu jika menggunakan jasa arsitek untuk gambar rumah, si arsiteknya akan kesulitan untuk mewadahi semua kebutuhan ruang itu. Apalagi ditambah keterbatasan anggaran dana pembangunan serta luasan lahan, tentu membuat desain juga terbatas. Dengan mencoba membuat desain rumah seminimal luasan pun akan menghalangi pemecahan desainnya. Tidak akan di dapat dengan yang ideal, desain yang bagus saja pun sudahlah cukup, apalagi dengan rencana bertahap, minimal beberapa kebutuhan ruang akan terwadahi. Jika dipaksakan maka yang akan terjadi, rencana untuk pembangunan rumah mungil tidak akan terwujud.

 

Dengan analogi contoh lain, ibarat baju jas itu lebih mahal dari kemeja, yang dipakai untuk acara khusus resmi. Maka membuat baju kemeja sebagai pengganti kemiripan dan mendekati kepantasan baju jas pada acara tertentu juga dapat dilakukan (membuat desainnya). Namun perlu disadari, membuat desain baju kemeja semirip baju jas juga membutuhkan keahlian khusus. Dan baju kemeja bermotif jas itu juga tidak bisa dibuat dengan anggaran seperti kemeja biasa juga harus disadari.

 

Membuat desain untuk rumah mungil, dengan batasan kebutuhan, dengan acuan rencana bertahap menuju rumah bagus dengan luasan dan kebutuhan ruang ideal juga memerlukan arsitek keterampilan khusus. Dan apakah untuk itu anda masih berpikir bahwa fee jasa arsiteknya juga tetap mungil (murah)?